MESIN PEMIPIL JAGUNG ATAU MESIN PERONTOK JAGUNG

MESIN PEMIPIL JAGUNG ATAU MESIN PERONTOK JAGUNG DARI TONGKOLNYA RODA DUA



Mesin pemipil jagung atau mesin perontok jagung dari tongkolnya adalah mesin yang berfungsi melepaskan biji jagung dari tongkol atau janggelnya dalam kondisi jagung yang sudah kering secara efektif, mesin pemipil jagung atau mesin perontok jagung produksi CV.KIOS MESIN hasil pipilan jagung bisa terpisah sempurna dari tonggkol atau janggel jagungnya prosentase pemipilan atau perontokan jagung cukup tinggi

Untuk melihat cara kerja dan hasil dari Mesin pemipil jagung atau mesin perontok jagung produksi kami silahkan klik video di bawah ini :




Spesifikasi

Tipe                         : KM-PJ500
Kapasitas                 : 400 – 500 kg/jam
Penggerak                : Engine Bensin 5,5 HP
Dimensi                   : 700 x 500 x 1000 mm
Material Pemipil      : Mild Steel
Material Tabung      : Mild Steel
Rangka Mesin         : Besi Siku atau UNP
Transmisi                 : V-belt Dan Pulley

Spesifikasi

Tipe                         : KM-PJ1000
Kapasitas                 : 750 – 1000 kg/jam
Penggerak                : Diesel 8 HP (merk Dongfeng)
Dimensi                   : 900 x 700 x 1100 mm
Material Pemipil      : Mild Steel
Material Tabung      : Mild Steel
Rangka Mesin         : Besi Siku atau UNP
Transmisi                 : V-belt Dan Pulley

Spesifikasi

Tipe                         : KM-PJ2000
Kapasitas                 : 1500 – 2000 kg/jam
Penggerak                : Diesel 12 HP (merk dongfeng)
Dimensi                   : 1100 x 800 x 1200 mm
Material Pemipil      : Mild Steel
Material Tabung      : Mild Steel
Rangka Mesin         : Besi Siku atau UNP
Transmisi                 : V-belt Dan Pulley




Melayani Pengiriman Ke : 
Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam, Binjai, Gunungsitoli, Medan, Padang, Sidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebing Tinggi, Bengkulu, Jambi, Sungaipenuh, Dumai, Pekanbaru, Bukittinggi, Padang, Padang Panjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Lubuklinggau, Pagar Alam, Palembang, Prabumulih, Bandar Lampung, Metro, Pangkalpinang, Batam, Tanjungpinang,Jawa ,Bandung, Banjar, Batu, Bekasi, Blitar, Bogor, Cilegon, Cimahi, Cirebon, Depok, Jakarta, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Kediri, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Pekalongan, Probolinggo, Salatiga, Semarang, Serang, Sukabumi, Surabaya, Surakarta, Tasikmalaya, Tangerang, Tangerang Selatan, Tegal, Yogyakarta,Kalimantan ,Pontianak, Singkawang, Banjarbaru, Banjarmasin, Palangka Raya, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Tarakan,Nusa Tenggara ,Denpasar, Bima, Mataram, Kupang,Sulawesi ,Gorontalo, Makassar, Palopo, Parepare, Baubau, Kendari, Palu, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon,Maluku ,Ambon, Tual, Ternate, Tidore Kepulauan,Papua ,Jayapura, Sorong, Bangka, Belitung

Untuk Mengetahui Info Lebih Lengkap Untuk Harga Jual Mesin - Mesin Tersebut Silahkan Kontak


082138161990 ( SIMPATI )


087739688150 ( XL )


PENGERTIAN JAGUNG

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jagung (Zea mays ssp. mays) salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang penting di dunia, tidak hanya gandum serta padi. Buat masyarakat Amerika Tengah serta Selatan, bulir jagung merupakan pangan inti, seperti buat beberapa masyarakat Afrika serta banyak daerah di Indonesia. Pada saat ini, jagung juga jadi elemen penting pakan ternak. Pemakaian yang lain merupakan jadi sumber minyak pangan serta bahan basic tepung maizena. Beberapa produk turunan hasil jagung jadi bahan baku beberapa produk industri farmasi, kosmetika, serta kimia. 

PASCA PANEN JAGUNG

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Dalam proses pembudidayaanya cukup gampang sebab kriteria tumbuh untuk jagung bisa dipenuhi mengingat keberagaman topografi jadi dari hasil luasnya daerah Indonesia. Jagung yang siap dipanen akan jalani rangkaian proses pascapanen. Proses pascapanen mencakup: 

Pemanenan 
Pada proses pemanenan, penetapan usia panen adalah hal yang butuh diakui sebab jika jagung dipanen sebelum waktunya panen akan mengakibatkan banyak butir muda yang belum masak terpanen, hingga kualitas jagung alami penurunan begitupun dengan daya simpannya akan alami penurunan. Sebaliknya jika dipanen melewati usia panen, jagung akan alami degradasi nutrisi yang menyebabkan kenaikan kehilangan hasil dan intimidasi dari tumbuhnya jamur (Aspergillus sp.) serta cendawan dengan pertanda klobot serta atau biji berwarna kehitam-hitaman, putih serta kehijauan . Beberapa ciri jagung yang sudah masuk usia siap panen yakni a) jagung berusia 7-8 minggu sesudah berbunga , b)daun serta batang tanaman mulai menguning serta berwarna cokelat pada kandungan air 35-40% . Penetapan usia panen dapat beragam berdasar pada varietas jagung yang ditanam. 

Alat serta mesin yang dipakai dalam proses pemanenan jagung mencakup sabit (konvensional) serta alat pemanen jagung / corn harvester (kekinian) yang pada tahun 2015 sudah mendapatkan pujian dari Menteri Pertanian karena dengan memakai alat pemanen ini bisa mendesak ongkos panen sampai 60% [3]. Untuk pemanenan lewat cara konvensional memakai sabit ada dua type pemanenan yakni jagung tongkol dengan klobot serta pemanenan jagung tongkol tanpa ada klobot. Pada pemanenan jagung dengan klobot, jagung berkadar air tinggi yakni sekitar 30-40% serta jagung disabit setinggi pinggang, lalu jagung selekasnya diambil serta dipisahkan dari kelobotnya. Jagung yang telah bersih setelah itu dimasukkan dalam keranjang. Sedang untuk jagung tanpa ada klobot, jagung berkadar air rendah sekitar 17-20% serta jagung dipisahkan lebih dari klobotnya terlebih dulu lalu diambil jagung tak perlu menyabit batang jagung terlebih dulu. 

Pengeringan jagung 
Jagung yang berasal proses dari pemanenan umumnya mempunyai kandungan air yang begitu tinggi serta sangat beresiko pada proses penyimpanan. Pengeringan dibutuhkan untuk kurangi kandungan air bahan hingga aman untuk disimpan. Dengan pengeringan jagung lebih gampang untuk dipipil. Pengeringan pada jagung bisa dikerjakan dalam beberapa step yakni a) pengeringan jagung tongkol di tempat, langkah berikut umumnya dipakai beberapa petani di wilayah yang mempunyai karakter tadah hujan serta kering yang periode perisapan penanaman selanjutnya tidak menekan, b) pengeringan berbentuk jagung tongkol, serta c) pengeringan berbentuk jagung pipilan [1]. Untuk pengeringan jagung tongkol sendiri terdiri jadi 2 bentuk yakni jagung tongkol berkelobot serta jagung tongkol tanpa ada kelobot, tetapi butuh dilihat jika pengeringan jagung tongkol berkelobot tidak disarankan sebab memerlukan waktu yang lama serta hasilnya tidak baik. 

Dalam pengeringan jagung ada dua cara pengeringan yakni pengeringan lewat cara konvensional yakni dengan pengeringan cahaya matahari langsung serta langkah kekinian dengan memakai alat pengeringan spesial jagung contoh bed dryer, recirculation batch dryer, serta continuous mix flow dryer, dan lain-lain. Pengeringan jagung berbentuk tongkol tanpa ada kelobot diupayakan sampai kandungan air 17-18% serta pengeringan jagung pipil dikerjakan sampai sampai 14-15%. 

Pemipilan Butir Jagung 
Pemipilan jagung berperan untuk memisahkan biji jagung dari tongkolnya. Pemipilan ini bisa dikerjakan lewat cara manual dengan tenaga manusia atau dengan mekanis dengan memakai mesin pemipil. Pemipilan jagung manual dikerjakan dengan tangan, tongkat pemukul, gosrokan, pemipil besi putarm pemipil besi bergerigi serta alat pemipil jagung simpel yang lain. pemipilan memakai tangan oleh seseorang wanita dewasa membuahkan 2-9 kg biji jagung /jam bergantung dari kepiawaiannya. Langkah memipil dengan tangan merupakan jagung tongkol digenggam dengan tangan kiri. Setelah itu dengan tangan kanan biji jagung dilepaskan dari janggelnya, pakai ibu jari untuk mendesak serta menggerakkan jagung. 


Alat pemipil TPI dapat dipakai untuk memipil jagung dengan manual. Alat yang simpel terbuat dari papan kayu dengan ketebalan 3 cm. Pemakaian alat ini merupakan jagung tongkol digenggam dengan tangan kiri serta alat pemipil dengan tangan kanan. Jagung didorong masuk ke alat lalu alat pemipil diputar. Dengan alat ini bisa dibuat 12-15 kg biji jagung /jam per orang. Dalam pemakaian alat ini butuh dilihat keseeragaman besar jagung tongkol untuk kurangi angka rusaknya butir jagung [4]. 

Sedang alat pemipil jagung mekanis (corn sheller) mempunyai banyak macam sesuai dengan kemampuan pemrosesan yang diharapkan serta beberapa faktor yang lain. 

4.Sortasi serta Pembersihan 
Sortasi dikerjakan untuk memperoleh bahan dengan kualitas yang seragam serta mengelompokkan bahan dengan kualitas yang sama. Sortasi jagung memisahkan biji jagung sehat (baik) dari biji-biji pecah, rusak, serta hampa dan untuk menyeragamkan ukuran butirannya. Proses pembersihan mempunyai tujuan untuk bersihkan butiran jagung dari kotoran seperti bekas tongkol, seresah, serta kotoran-kotoran yang lain. proses sortasi serta pembersihan bisa dikerjakan lewat cara manual (konvensional) memakai tangan serta perlengkapan simpel atau mungkin dengan memakai langkah mekanis yakni memakai alat serta mesin pertanian. Dengan manual sortasi serta pembersihan pipilan jagung bisa dikerjakan lewat cara : a) memakai tangan untuk pilih serta memisahkan jagung yang rusak, pecah, hampa, serta kotoran-kotoran yang terikut, b) memakai ayakan, jagung diayak hingga kotoran serta jagung yang memiliki ukuran kecil akan jatuh serta terpisah sesuai dengan ukurannya. 

Sedang untuk langkah mekanis bisa dikerjakan dengan memakai blower/winowwer. Prinsip kerja blower/winowwer merupakan hembuskan hawa pada pipilan jagung hingga kotoran-kotoran, jagung memiliki ukuran kecil, serta hampa akan terpisah keduanya. 

5. Penyimpanan serta Pengemasan 
Sesudah butir jagung bersih serta mempunyai kandungan air yang sesuai dengan untuk proses penyimpanan karena itu proses setelah itu penyimpanan. Arah dari penyimpanan merupakan untuk jaga kualitas yang dipunyai oleh biji-bijian, kualitas dari bijian tidak bisa dinaikkan sepanjang proses penyimpanan hingga jaga supaya kualitas butir jagung baik harus dikerjakan dari pertama proses pascapanen. Tidak disangkal rusaknya bijian akan berlangsung sepanjang proses penyimpanan ditambah lagi jagung merupakan bahan biologis yang alami proses metabolisme serta kandungan air, ini dikuasai oleh lingkungan seperti suhu serta kelembapan. Ada banyak unsur pemicu rusaknya bijian, diantaranya merupakan jamur, serangga, tikus, respirasi bijian, serta migrasi air.

Sumber : http://pascapanen.tp.ugm.ac.id/2017/09/05/teknologi-pascapanen-jagung/


mesin perontok jagung, mesin pemipil jagung, mesin pipil jagung, mesin tresher jagung, mesin perontok jagung kecil, mesin pemipil jagung kering, mesin pipil jagung kering, mesin tresher jagung kering, harga mesin perontok jagung, harga mesin pemipil jagung, harga mesin pipil jagung, harga mesin tresher jagung, mesin perontok jagung murah, mesin pemipil jagung murah, mesin pipil jagung murah, mesin tresher jagung murah, mesin perontok jagung sederhana, mesin pemipil jagung sederhana, mesin pipil jagung sederhana, mesin tresher jagung sederhanamesin jagung murah, mesin pipil jagung kering, mesin perontok jagung kering, harga mesin pipil jagung murah , mesin pemipil jagung roda dua, mesin perontok jagung roda dua, mesin tresher jagung roda dua, harga mesin pipil jagung roda dua, harga mesin pemipil jagung roda dua, harga mesin perontok jagung roda dua, harga mesin tresher jagung roda dua, harga mesin pipil jagung roda dua, mesin pemipil jagung roda dua murah, mesin perontok jagung roda dua murah, mesin tresher jagung roda dua murah, cara membuat mesin perontok jagung, cara kerja mesin pemipil jagung, alat pemipil jagung manual, mesin pemipil jagung listrik, harga mesin pemipil jagung segar, mesin pemipil jagung basah, mesin perontok jagung sederhana, harga mesin pemipil jagung berkelobot,

Subscribe to receive free email updates: